Rabu, 11 Maret 2015

Radio Zaman Sekarang dan Zaman Dulu



Radio Zaman Sekarang dan Zaman Dulu
Ahmad Faizar Bahroizy
Berbicara tentang radio, sudah pasti banyak orang yang telah mengetahui radio, karena radio merupakan salah satu alat elektronik yang tidak asing lagi di mata masyarakat. Namun sudahkah mereka tahu apa pengertian radio dan bagaimana radio serta sistem penyiarannya di Indonesia pada zaman dahulu dan zaman sekarang?
Menurut KBBI radio adalah siaran suara atau bunyi yang dikirim melalui udara dan dapat juga melalui ruang hampa udara dengan adanya pemancar yang berfungsi juga sebagai penangkap siaran radio.
Radio pada zaman dahulu lebih sering dipakai para anggota perang untuk berkomunikasi atau memberikan informasi antara angkatan laut dan angkatan darat. Radio pada zaman dahulu juga lebih sering didengarkan di dalam ruangan karena bentuk atau modelnya yang besar, sehingga sulit jika ingin di bawa bepergian kemana-mana.
Siaran pertama kali radio Indonesia bernama Nederlands Indi (Hindia Belanda) ialah Bataviase Radio Vereniging (BRV) di Batavia (Jakarta tempo dulu), yang resminya didirikan pada tanggal 16 juni 1925.
Pada zaman dulu, sewaktu berkuasanya pemerintahan militer jepang di Indonesia merupakan babak baru bagi penyiaran radio di Indonesia, yang ditandai dengan (1) terpusatnya radio dalam satu tangan penguasa dengan suara resmi pemerintah, yang mana di luar radio pemerintah tidak ada radio lain, (2) radio digunakan sebagai alat untuk menyampaikan peperangan, (3) diharuskannya rakyat hanya mendengarkan siaran-siaran radio pemerintah, dan (4) dilarangnya penyiaran lagu-lagu barat dan penggunaan bahasa asing pada penyiaran radio dalam negeri.

Pada radio zaman sekarang, kita dapat mendengarkan siaran yang ada di radio dimana saja, karena radio zaman sekarang sudah menjadi aplikasi yang dapat diletakkan pada berbagai macam alat elektronik seperti handpone, laptop, dan lain sebagainya. Bentuk radio zaman sekarang juga banyak yang lebih simpel dari pada radio zaman dahulu, sehingga radio zaman sekarang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah.
Saat ini sudah banyak channel-channel radio yang mengudara setiap harinya. Penyiaran acara dalam radio pun juga tak seketat zaman dahulu, karena kini selain menjadi sarana untuk menyampaikan siaran berita, radio juga sebagai sarana hiburan, dimana dalam radio juga banyak berbagai macam acara lainnya seperti acara musik, promosi iklan, informasi event, kesenian, tausiah, dan lain sebagainya.
Radio zaman sekarang berbeda dengan radio zaman dulu yang masih memakai jaringan kabel, karena radio zaman sekarang sudah tidak lagi memakai jaringan kabel dan komunikasi yang kita dapat juga sangat cepat sesuai dengan perkembangan zaman pada saat ini.
Jadi, sistem penyiaran radio zaman dulu layaknya seperti seseorang yang tidak dapat mengekspresikan dirinya dengan bebas, karena sistem penyiaran radio zaman dulu yang masih dikendalikan oleh satu orang yaitu penguasa. Lain halnya dengan radio zaman sekarang yang sudah memiliki hak masing-masing dalam penyiarannya dan tidak hanya sebagai media penyampaian informasi tetapi juga dapat digunakan sebagai media hiburan, dengan berbagai macam acara yang dapat didengarkan oleh masyarakat. Kini tinggal bagaimana seseorang dapat berperan aktif untuk membuat sebuah acara dalam radio yang menarik dan berkualitas agar dapat disenangi oleh banyak masyarakat dan tidak kalah bersaing dengan media-media elektronik yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar