RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI/1
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Membaca berita tentang pendidikan melalui
media koran
2.
Kompetensi Dasar
1.1.
Membuat opini tentang berita pendidikan terkini berdasarkan sudut pandang
siswa.
3.
Tujuan Pembelajaran** :
a. Siswa dapat mengetahui
kolom berita tentang pendidikan
b. Siswa dapat membuat
pokok permasalahan dalam berita tersebut
c. Siswa dapat membuat
opini berita tersebut berdasarkan sudut pandang siswa.
4.
Materi Pokok
a. Kolom berita
pendidikan di koran.
5.
Kegiatan Pembelajaran
a. Mencari kolom berita
tentang pendidikan di koran.
b. Menentukant pokok
permasalahan per paragraf berita di koran.
c. Membuat opini berita
berdasarkan sudut pandang siswa.
6.
Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi
:
i.
Siswa diajak mencari kolom berita pendidikan di
koran.
ii.
Bertanya jawab seputar berita pendidikan yang
menjadi headline di koran.
b. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta untuk menentukan pokok permasalahan berita pendidikan dikoran.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa di minta untuk membuat opini berita
berdasarkan sudut pandang siswa.
F Diskusi siswa dengan siswa lain mengenai opini yang telah
dibuat.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru mereview
hasil dari opini siswa.
F Guru mempersilahkan
kepada siswa untuk mempresentasikan hasil opini di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa disuruh
mengoreksi dan mengganti opini yang telah direview oleh guru.
7.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Membuat pokok permasalahan berita dan opini berita.
|
Faktual dengan berita di koran.
|
Uraian dan Lembar opini.
|
· Buatlah pokok permasalahan dan opini pada kolom berita
tersebut!
· Jelaskan secara lisan mengenai opini yang telah anda
buat!
|
a. Opini kolom berita.
Aspek Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1.
Kesesuaian pokok permasalahan dengan kolom berita koran
2.
kesesuaian opini berita dengan berita di koran
|
|
|
b. Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan hasil opini berita didepan kelas.
Aspek Penilaian
|
Hasil / Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
|
|
8.
Sumber / Alat
a. Buku paket
b. Koran
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Malang
......................20 ...........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
.................................. ..................................
NIP
:
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar