Yahoo Dan
Mahasiswa yang Bijak
Nur
Jannah 2130710025
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun
1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan Six Degrees.com
pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada
tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com,
dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup
Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara
1999 dan 2001 (Musthafa, 2012). Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan
siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan
isi dan hubungan.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis
sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo 360°. Pada bulan juli 2005 News
Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends
Reunited pada Desember 2005..
Social network
atau yang lazim dikenal sebagai jejaring sosial kini telah berkembang dan
menajadi tren atau gaya hidup manusia modern. Tua dan muda masing-masing
mempunyai cara tersendiri memanfaatkan fasilitas ini. Sebuah kemajuan dunia
teknologi menembus batas ruang dan waktu. Bahkan, situs jejaring sosial kini
telah menjadi tolak ukur strata sosial seseorang yang menjadikan hal ini wajib
dimiliki oleh setiap orang. Pria, wanita, professor, doktor,
mahasiswa, siswa, bahkan anak sekolah dasar sekalipun.
Pada tulisan saya ini akan dibahas secara detail
tentang salah satu jejaring sosial tersebut,
yakni tentang Yahoo. Apa itu Yahoo? dan bagaimana sejarah Yahoo? pertanyaan ini
mungkin perlu dipecahkan sebelum membahas lebih jauh tentang dampak positif dan
negatif Yahoo itu sendiri. Yahoo, pada awalnya hanyalah semacam bookmark
(petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar (Wikipedia, 2009). Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan
selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah
daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Yahoo ini sangat populer dikalangan pelajar saat ini terutama
mahasiswa. Karena mahasiswa sangat terbantu dengan adanya Yahoo ini. Bagaimana
tidak, dengan bantuan Yahoo jarak bukan lagi alasan demi berlangsungnya sebuah
proses belajar-mengajar.
Contoh misalnya, tugas-tugas kuliah bisa langsung dikirim melalui
Yahoo ini, tinggal buka akun dan langsung dikirim ke email dosen. Atau contoh
lain, saat dosen sedang di luar kota dan ada mahasiswanya yang ingin
menyerahkan revisian skripsi, dengan Yahoo mahasiswa tersebut tinggal
mengirimkan revisiannya ke email dosen tanpa harus bertemu langsung. Bisa dibayangkan
tanpa adanya jejaring sosial seperti
yahoo ini, betapa repotnya mahasiswa dan dosen karena dipisahkan oleh jarak dan
waktu.
Apakah
yahoo ini juga memiliki dampak negatif? Tentunya segala sesuatu memiliki
positif dan negatifnya, tergantung darimana kita melihatnya. Salah satu dampak negatifnya adalah seringkali karena
kemalasan mahasiswa sering melakukan tindak plagiat dalam mengerjakan
tugas-tugas kuliah. Ini memang jalan pintas mahasiswa ketika sudah buntu dan tidak
mau berusaha. Oleh karenanya, sebagai mahasiswa seharusnya selalu bijak dalam
setiap menghadapi segala sesuastunya. Dalam hal ini juga kita harus
memaksimalkan manfaat yahoo sebaik mungkin ke arah yang positif bukan
sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar